Tuesday, March 17, 2020

Keanekaragaman Wisata Pulau Dewata

     Keragaman destinasi wisata, atraksi wisata, berbagai macam aktivitas wisata dan kepercayaan magis yang masih kental bisa kita temukan di Bali yang dikenal dengan Pulau Dewata. Pada Artikel sebelumnya Penulis menjelaskan berbagai destinasi wisata yang memiliki potensi dan pesona yang bagus nan indah, dan pada kesempatan kali ini penulis akan melanjutkan bercerita mengenai destinasi wisata yang benar - benar harus kalian kunjungi. Sebelum masuk ke daftar wisata yang harus dikunjungi di Bali, penulis ingin memberi tahu nih sebuah larangan bagi wisatawan yang berlibur di Bali mungkin sebagian dari kalian sudah pada tahu tetapi bagi yang belum pernah ke Bali atau justru baru mau pergi ke Bali harus baca artikel ini dulu sebelum terlambat.. ha ha ha

     Ok langsung saja, larangan itu adalah "kalian tidak boleh sembarangan menginjak dupa atau sesajen". Nah, di Bali kalian akan menemukan bunga - bungaan, biskuit, permen atau makanan di jalan, pohon - pohon atau area pura yang sebagaimana kita sudah ketahui bahwa mayoritas agama masyarakat Bali adalah Hindu. Setiap hari mereka meletakan dupa atau sesajen didepan toko mereka  sambil diiringi dengan doa sebagai ungkapan syukur kepada para Dewa dan Dewi Bali karena telah memberikan kesejahteraan kepada kehidupan mereka masyarakat Bali serta memberikan keberuntungan dan menolak kesialan. Lalu bagaimana ketika kita tidak sengaja menginjak sesajen ? Cepatlah minta maaf dalam hati karena ketidak sengajaan menginjak persembahan untuk mereka, tetapi apa yang terjadi ketika kita tidak minta maaf dan lebih parah lagi kita sengaja menginjak bahkan menghancurkannya??

     Ada salah seorang wisatawan yang menceritakan kejadian horor ketika menginjak sesajen dengan sengaja. Dia selalu dihantui perasaan yang tidak enak sampai diikuti kemanapun dia berada. Hingga sampainya di kota tinggal dia, dia merasa ada yang mengganggu, selalu bermimpi tentang Bali, kakinya pun selalu kesemutan dan tidak bisa berjalan, kepalanya pusing hingga jatuh pingsan, setelah itu dia langsung dibawa kerumah sakit, dokter pun memeriksa dia tapi herannya beliau tidak ada penyakit apapun, semua keluarganya bingung begitu juga dokter pemeriksanya, hingga salah satu keluarganya memiliki inisiatif untuk memanggil orang pintar ke rumah sakit tempat wisatawan itu dirawat. Lalu orang pintar itu mengatakan ada aura hitam di sekujur tubuh wisatawan itu. Dia dan keluarganya kaget.

     Setelah di pikir ulang wisatawan itu bercerita bahwa pernah menginjak sesuatu yang menjadi larangan oleh masyarakat Bali. Orang pintar itu juga berinteraksi dengan makhluk yang didalamnya kalau dia akan pergi jika wisatawan ini kembali ke Bali dan meminta maaf kepada kami (penunggu Bali), akhirnya wisatawan ini kembali dan meminta maaf.

     Ini bukanlah cerita fiktif guys, karena wisatawan itu adalah teman saya sendiri. Hehehe.
Jika kalian tidak tahu. Beginlah bentuk dupa atau sesajen yang diletakan di jalan raya, obyek wisata atau area tertentu.
Sesajen atau Dupa

So baiklah, let's get to the list..
Setelah bercerita penulis akan merangkum 5 Destinasi Wisata di Bali lanjutan dari Pulau Dewata Pesona Indonesia

1. Pura Tanah Lot


Siapa sih yang tidak tahu pura Tanah Lot, Pura yang berada di atas karang tengah laut ini sangat diminati wisatawan mancanegara, kita bisa berfoto dari dekat tepat didepan karang pada Pura Lot ini atau hanya sekedar berjalan - jalan di area karang Pura Tanah Lot ini ketika air laut surut tetapi ketika air laut pasang jangan harap kalian bisa ber foto - foto didepan Karang pura Tanah Lot. Paling hanya diseberangnya saja wkwkwk. Biasanya ketika air laut pasang akan ada peringatan sebelum memasuki area Pura Tanah Lot.

Pura Tanah Lot Saat Air Laut Pasang

Nah guys,  di sekitar pura ini ada 2 goa, goa yang pertama ada Holy Snake atau ular suci, ular suci ini berwarna blaster hitam dan putih, ular ini sebagai penjaga pura Tanah Lot biasanya masyarakat Bali menyebut ular ini dengan nama Duwe.

     Ular ini memiliki bisa yang sangat mematikan tetapi tenang ular ini dijaga oleh pawang ular yang handal dan tidak ada ceritanya wisatawan pernah tergigit oleh ular suci ini. Ular suci ini ada 2 jenis, yang pertama berwarna blaster hitam putih dan satu nya lagi berwarna abu-abu kebiruan. Konon katanya ular suci ini adalah jelmaan dari selendang Dang Hyang Nirartha saat menginjakan kaki di pantai Tanah Lot.

     Setibanya Dang Hyang Nirartha di pantai Tanah Lot sekitar abad - 14, beliau mendirikan sebuah pasraman lalu bersemedi disana, agar tidak ada gangguan beliau merobek selendangnya dan selendang itu berubah menjadi seekor Ular Suci yang dikenal sekarang sebagai penjaga Pura Tanah Lot. Jika kalian ingin berfoto dengan Ular Suci ini hanya bisa saat air laut surut karena goa nya berada di bawah karang dan menyiapkan uang sukarela minimal Rp. 5000.

Holy Snake atau Ular Suci
Source: intisari.grid.id

lalu goa kedua yaitu holy water atau air suci, air suci ini dipercaya akan menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda, apakah benar? namanya juga mitos, bisa benar dan bisa juga tidak.. kalau penasaran silahkan berkunjung ke Tanah Lot. Xixixi :D

Mata Air Suci
Source : Blog.tiket.com

Mitos - mitos yang lain mengatakan jika ke Tanah Lot bersama pasangan, mereka akan putus? Hah? Serius, coba bayangkan kalau misalkan kalian udah pacaran 4 tahun udah berencana mau nikah lagi, terus jalan - jalan ke Tanah Lot, eh putus.. gimana ga sesek ya guys.. hehe namanya juga mitos. Terserah mau percaya atau tidak..
Berikut penulis tunjukan best spot untuk berfoto di area Tanah Lot nih guys

Lautan Tanah Lot

Front of Holy Snake Cave

Gate of Tanah Lot

Harga tiket masuk Tanah Lot :
For Adult : Rp. 20.000
For Child : Rp. 15.000

2. Krisna


Pusat perbelanjaan kali ini memiliki banyak outlet yang tersebar di bali, terdapat 10 outlet yang berdiri di beberapa lokasi, pusat perbelanjaan ini bernama Krisna, Krisna di ambil dari nama Dewa, Dewa Krisna ber ciri - ciri pria gelap berwarna biru memakai dhoti berwarna kuning dan sedang memainkan seruling.
 
     Menurut kepercayaan umat Hindu Krisna merupakan anak kedelapan dari Dewa Basudewa dan Dewaki. Krisna di percaya sebagai pemimpin yang sakti dan bijaksana. ia juga dikenal sebagai pembawa ajaran filosofis bagi umat Hindu.\

     Pusat perbelanjaan Krisna menyediakan banyak oleh - oleh khas Bali sama seperti The Keranjang, dari makanan sampai fashion. di depan gedung ini berdiri patung Krisna yang bisa dijadikan best spot untuk kalian yang instagramable.

3. Wisata Kuliner Menega
 

Sekarang kita makan makan nih guys di Menega Cafe Bali, jenis kuliner yang dihidangkan yaitu Seafood, makanannya juga enak apalagi jika makan ditemani oleh pemandangan di pantai Jimbaran. Tidak hanya itu kalian juga bisa melihat sunset disini, makanan dan tempatnya reccomended sekali deh. 

Menega Cafe di Pantai Jimbaran

Nah Menega Cafe ini menyediakan  berbagai macam makanan dari laut nih

Ikan Bakar

Kerang

Delicious dah pokoknya guys, kalau anda ingin mencoba makanan di Cafe Menega ini boleh langsung datang saja ke Bali tepatnya di Jalan Four Season Muaya Beach, Jimbaran Beach, Badung, Bali.

4. ATV ( All Terrain Vehicle)

Di Bali ada yang namanya aktivitas mengendari kendaraan sport yang sejenis motor tetapi beroda 4.. apakah itu? 
Ya namanya ATV, ATV kepanjangan dari All Terrain Vehicle diambil dari istilah otomotif karena kendaraan ini sangat kuat terutama ketika dikendarai di jalan selain aspal seperti jalanan pasir dan tanah. Cara mengendarainya tentu berbeda nih guys, sebelah kanan itu ada pengendali maju, mundur dan Netral seperti mobil, dan mengendarainya juga harus berhati - hati karena ukurannya hampir sama kaya mobil jadi ketika masuk ke gang agak lumayan ribet.. hehhe pengalaman guys..
Tapi disini kita dipandu juga sama para guide loh.. ada 3 guide kalau ga salah yak, yang mendampingi kita.. kita diarahkan menuju hutan yang penuh lumpur dan air yang becek. Awalnya sih kagok, tapi lama kelamaan jadi seru loh guys.

Penulis masih newbie jadi ya gitu masih keliatan kaku. Tapi tetep seru walaupun harus mandi lumpur.
Nih bandingkan dengan guide yang professional kalau lagi mengendarai ATV

Bandingkan dengan percikan airnya .. haha, lebih derasan si guide kan, nah kalau kalian berani tantangan, coba dibonceng sama guide nya.. tidak untuk penderita Jantung ya guys karena seru + ngeri, kalian akan dibawa ngebut dan atraksi 2 roda ( ATV dimiringkan ke samping ), Siapin plastik kalau muntah biar ga sembarangan. Xixixi :D.
Di internet sih banyak guys agen yang menyediakan paket ATV, boleh dicoba browsing. Kisarannya sekitar 400 ribuan.. 
Selamat mencoba

5. WooBar


Di Bali banyak ditemui tempat - tempat untuk menghibur diri nih guys, ketika lelah dengan aktivitas berwisata kalian selama 8 jam lebih keliling Bali. Woo Bar tempat yang cocok untuk kalian. Ketika kalian berwisata dengan group biasanya diberikan free time untuk menjelajahi Bali, mencari obyek yang cocok untuk nongkrong. Apalagi Bar di Bali sudah mendominasi dan banyak sekali, setiap dijalan pun Bar selalu kita temui, Nah Woo Bar salah satunya. Woo Bar merupakan Bar yang terletak di pinggir pantai. Design nya juga menarik nih buat koleksi gallery kalian. Konsep yang luxury dan terlihat High Class. 

Disini tempat yang romantis jika kalian bawa pasangan kalian. Tenang ga bakal putus kok.. karena belum ada mitosnya . haha. Asal kalau kamu pria, kamu yang bayar biar ga diputusin.. xixixixix
Makanan disini harganya memang mahal sih.. sekitar 100 ribuan keatas.. 
woow


Dengan porsi segitu sudah menghabiskan uang 500 ribuan.. ckck
jika ke Bali harus bawa uang lebih deh.. kalo uang pas pasan mungkin mini mart juga jadi lah ya.. hahaha becanda guys.
Memang jika pergi ke Bali harus siapkan uang lebih karena Bali tempat wisata yang sudah dikenal oleh seluruh dunia. Jadi untuk harga dan gaya hidup juga menyesuaikan..

Penutup
Itu lah 5 destinasi wisata yang dimiliki oleh Bali, sangat beragam bukan. Dari tempat hiburan, wisata warisan budaya, bermain ATV dan lainnya.
Terus ikuti Blog saya ya Adityo Tourism. Silahkan di Subscribe dan di share bagi teman - teman yang membutuhkan referensi untuk wisata ke Bali atau wisata Indonesia yang terbaik.
See you on the next time
Matur Suksma :).

No comments:

Post a Comment

Ayo berkomentarlah positive yang dapat membangun juga menginspirasi penulis agar rajin menciptakan artikel tentang wisata Indonesia. jadilah masyarakat yang bijak dalam bersosialisasi dan ayo kita promosikan Destinasi Wisata Indonesia kepada seluruh masyarakat dunia.

Mengenal Situs Warisan Dunia Candi Prambanan

     Hai Teman - Teman, Selamat datang kembali di Tyozima Travel, kali ini penulis tetap akan memberikan informasi seputar par...